top of page

Melukis di Sepatu: Cara Unik Melatih Kreativitas Anak


Anak kecil kreatif yang sedang melukis
Melatih Kreativitas Anak dengan Melukis!

Ayah dan Bunda tahu gak sih, kreativitas adalah potensi penting yang harus dikembangkan sejak dini? Memiliki kreativitas yang tinggi sangat bermanfaat untuk perkembangan anak loh! Namun, banyak orang tua beranggapan bahwa kreativitas adalah bawaan sejak lahir yang tidak semua anak memilikinya. Padahal argument tersebut salah. Kreativitas adalah keterampilan yang dapat dilatih dan dikembangkan oleh semua anak.


Jika kreativitas tidak dikembangkan, maka kecerdasan berpikir anak juga bisa jadi tidak berkembang loh Ayah Bunda. Nah, maka dari itu penting banget untuk mengasah kreativitas anak sejak usia dini.


Seperti yang dikutip pada laman dancow.co.id, menurut dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, kreativitas akan membuat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang tidak mudah gagal dan tidak mudah menyerah. Ia juga terbiasa untuk mencari tahu jalan mana yang efektif, efisien dan cocok ketika dihadapkan pada masalah.


Bagaimana Cara Melatih Kreativitas Anak?


Anak kecil kreatif sedang bermain permainan menara block
Permainan Menyusun Block Bermanfaat untuk Melatih Otak Kanan Anak

Salah satu cara yang seru untuk melatih kreativitas anak adalah dengan berkreasi. Seperti menggambar, mewarnai, membuat beragam bentuk dengan plastisin dan tanah liat, melipat kertas dan lain sebagainya. Selain mengasah kreativitas, berkreasi dapat melatih kemampuan otak kanan anak agar dapat bekerja lebih optimal.


Namun, Ayah dan Bunda juga harus kreatif dalam memilih dan memberikan alat atau media yang akan si kecil gunakan untuk berkreasi. Walaupun berkreasi adalah hal yang menarik dan cenderung disukai oleh anak, tapi seringkali anak mudah bosan jika disuguhi alat atau media yang sama setiap kalinya.


Melukis di Permukaan Sepatu, Media Unik untuk Bermain Warna


Melukis di atas permukaan sepatu
Shoes Painting, Media Melukis Unik Untuk Anak

Sepatu lukis sedang menjadi trend di kalangan pecinta fashion belakangan ini. Sepatu yang motifnya dapat dibuat sendiri ini sangat menarik perhatian. Selain karena motifnya unik dan tidak akan sama dengan orang lain, proses pembuatannya pun seru loh!


Jika melukis dan mewarnai di atas kertas adalah hal yang biasa, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil untuk berkreasi di atas permukaan sepatu! Selain untuk mengembangkan kreativitasnya, melukis di atas sepatu juga merupakan hal unik yang bisa membuat si kecil duduk tenang dengan kuas dan cat pewarnanya.


Caranya mudah kok, berikut Parenthood jelaskan langkah – langkahnya ya!


1. Bahan – bahan yang diperlukan


Siapkan bahan – bahan yang diperlukan, seperti sepatu berbahan canvas warna putih polos, kuas, cat canvas, dan papan pallet. Jangan lupa untuk siapkan koran bekas atau plastik sebagai alas supaya catnya tidak berantakan ya Ayah dan Bunda!


2. Buatkan pola di atas permukaan sepatu


Nah, point nomor dua ini sebenernya opsional aja. Ayah dan Bunda bisa terlebih dahulu membuatkan pola di atas permukaan sepatu sesuai yang diinginkan, atau membiarkan si kecil berkreasi sebebas mungkin dengan sepatunya.


3. Keringkan sepatu


Setelah anak selesai melukis, Ayah dan Bunda bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari atau menggunakan hair dryer agar lebih cepat.


4. Sepatu siap digunakan!


Pakaikan si kecil sepatu hasil kreasinya sendiri. Hal ini akan membuat anak merasa senang dan bangga!


Dalam membuat kreasi lukis sepatu tersebut Ayah dan Bunda bisa tetap membiarkan anak melukis dengan sesuka hati, namun tetap mendampingi dan mengawasinya ya!


Mendampingi anak berkreasi
Ayah dan Bunda Harus Tetap Mendampingi Anak Berkreasi


Artikel ini dibuat oleh :

Salsabila Azzahra Putri Andita

NPM : 210104180054

MPM - Fakultas Ilmu Komunikasi

Universitas Padjadjaran

34 views0 comments
bottom of page