top of page

ASI Booster

Updated: Mar 30, 2021


Bayi yang sedang menyusui ke Bunda nya dengan tersenyum karena Bunda memaksimalkan ASI nya dengan mengonsumsi ASI Booster
Bayi tersenyum saat menyusui pada sang Bunda.

Memberikan ASI eksklusif menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi Bunda yang baru melahirkan. Namun, tidak semua yang baru melahirkan dapat memberikan ASI secara maksimal untuk sang bayi. Selain meningkatkan produksi ASI, mengonsumsi ASI booster juga dapat meningkatkan kualitas ASI.


Agar produksi ASI lebih baik, Bunda bisa menggunakan bantuan ASI booster. Memang Bunda dapat meningkatkan produksi ASI dengan mengonsumsi makanan sehari-hari. Namun, harus mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup banyak agar hasilnya maksimal. Sebagai pengganti makanan, Bunda dapat memilih ASI booster yang lebih praktis dan efisien.


- Makanan berfungsi untuk menjadi Asi Booster (Ramuan Herbal)


1. Daun katuk dan fenugreek

" Daun Katuk " sang ASI booster

Bunda bisa memilih produk yang mengandung ekstrak daun katuk dan fenugreek. Daun katuk mengandung zat papaverin yang dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin yang aktif selama masa laktasi. Ekstrak biji fenugreek juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh.


2. Almond

kacang
Kacang Almond lezat yang mampu membantu ASI Bunda

ASI booster yang mengandung kacang almond. Kacang almond tergolong dalam superfood atau makanan yang kaya akan manfaat. Kacang almond tergolong dalam superfood karena kaya akan vitamin dan mineral yang tidak hanya baik untuk ibu menyusui, tetapi juga untuk bayi.

Kandungan asam amino di dalam almond membantu membentuk hormon serotonin yang dapat meningkatkan produksi ASI. Almond juga dapat menjadi sumber tenaga serta meningkatkan daya tahan tubuh Bunda. Selain itu, kabar baiknya almond baik untuk menurunkan berat badan, apalagi setelah melahirkan.


3. Asam folat

asamfolat
Berbagai macam makanan yang mengandung Asam Folat tinggi

Vitamin B9 atau lebih dikenal dengan nama asam folat merupakan zat terpenting saat masa pertumbuhan. Asam folat membantu pembentukan sel-sel saraf pada bayi. Asam folat juga berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah serta membantu penyerapan zat besi.

Selain untuk bayi, asam folat juga menjadi hal yang sangat penting untuk ibu menyusui. Ketika menyusui, sering kali Bunda merasa lelah atau kurang darah. Asam folat akan membantu pembentukan sel-sel darah merah yang baru serta membuat ibu lebih sehat.


4. Barley

barley
Asi Booster yang terbuat dari Barley

Simpson mencatat bahwa penelitian telah menunjukkan bahwa alkohol sebenarnya justru dapat menghambat produksi ASI. Namun, perlu Bunda ketahui bahwa sebenarnya barley adalah komponen bir yang mungkin mendorong suplai ASI agar lebih melimpah. "Barley adalah sumber makanan terkaya dari beta-glukan dan polisakarida yang telah terbukti meningkatkan kadar prolaktin atau dikenal sebagai hormon menyusui pada manusia dan hewan," tulis Simpson.


Untuk menggunakan barley sebagai booster ASI, Bunda hanya perlu menambahkannya ke sup, semur, salad, dan bahkan risotto. Gunakan serpihan barley untuk membuat susu atau tambahkan ke resep roti buatan Bunda.


5. Oatmeal atau Susu Oat

oatmeal
Oatmeal yang tinggi akan nutrisi untuk Busui

Baik dalam bentuk semangkuk oatmeal jadul, oatmeal dengan milk latte atau oat cookies, ibu menyusui telah lama mengandalkan oat sebagai ASI booster terbaik.

Mengapa? Biji-bijian dari gandum utuh merupakan sumber zat besi dimana setengah cangkir oat kering mengandung hampir 2 mg zat besi atau sekitar 20 persen dari kebutuhan ibu menyusui per hari. Namun, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan gandum benar-benar membantu produksi ASI.


Jika ingin mencobanya, Bunda dapat memasukan oat ke dalam menu makanannya, baik dimasak dan diberi topping buah. Tidak hanya itu, Bunda juga bisa menggunakan granola atau meatloaf sebagai sumber inspirasi menu-menu lain yang lebih variatif.


6. Pepaya

pepaya
ASI Booster dengan harga paling ramah dikantong

Buah ini telah sering digunakan baik mentah maupun dimasak dalam sup sebagai ASI booster terbaik dalam budaya Asia selama berabad-abad, meskipun baru belakangan ini dipelajari lebih detail. Sayangnya memang hingga saat ini masih belum diketahui secara persis tentang apa, mengapa atau bagaimana pepaya dapat menjadi ASI booster terbaik. Bunda hanya perlu memakannya langsung sebagai topping yogurt, sereal atau salad bersama buah lainnya.


7. Daging Tanpa Lemak

Daging Segar & Tanpa lemak ialah ASI Booster yang mengenyangkan


Daging sapi, domba dan unggas lain tanpa lemak merupakan sumber utama zat besi. Jadi karena dapat memberikan pasokan mineral yang berlebih, maka daging tanpa lemak bisa menjadi salah satu ASI booster terbaik. Namun, sekali lagi diberatahukan bahwa hingga saat ini, tidak ada bukti atau penelitian langsung yang mengaitkan konsumsi daging dengan peningkatan produksi susu.


8. Bawang Putih

Bumbu masak satu ini ialah juga bisa digunakan untuk ASI Booster


Satu studi yang mengamati hubungan antara bawang putih dan suplai ASI menemukan fakta bahwa melengkapi makanan dengan bahan aromatik rupanya tidak membuat adanya perbedaan volume jumlah ASI yang dihasilkan. Tetapi banyak ibu-ibu mengatakan bahwa bawang putih benar-benar menjadi ASI booster terbaik bagi mereka. Terlebih, satu atau dua siung tambahan bawang putih membuat hampir semua makanan gurih menjadi lebih enak dan sehat.


9. Daun Bayam dan Bit

Sayur yang sangat mudah dicari ini merupakan sayur yang mengandung kaya gizi

Daun bayam dan bit baik sebagai salah satu ASI booster terbaik karena mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat. Kandungan-kandungan tersebut penting untuk memulihkan Bunda yang anemia dan akan membantu membuat Si Kecil menjadi lebih kuat.


Daun bayam dan bit juga mengandung agen detoksifikasi. Bayam mengandung bahan kimia tumbuhan tertentu yang dapat membantu mencegah kanker payudara. Sertakan daun bayam dan bit dalam makanan Bunda. Namun, ingatlah untuk makan bayam dalam jumlah sedang atau secukupnya saja karena terlalu banyak dapat menyebabkan diare pada Si Kecil.


10. Wortel

Makanan favorit Kelinci ini ternyata juga bagus untuk Bunda

Segelas jus wortel untuk menyertai sarapan atau makan siang akan menghasilkan keajaiban dalam menyusui. Seperti bayam, wortel juga memiliki kualitas yang dapat meningkatkan laktasi sehingga patut dimasukan dalam daftar ASI booster terbaik.


Wortel mengandung Vitamin A yang dapat melengkapi atau meningkatkan kualitas ASI. Bunda dapat mengolah wortel mentah untuk dikukus atau bahkan dihaluskan menjadi bagian dari bubur atau sup. Di musim dingin, cobalah bubur wortel yang diaduk dengan susu hangat dan gula. Ini dapat menjadi kombinasi makanan lezat dan sehat bagi Bunda yang sedang menyusui.


11. Air & Jus

Minuman Jus dari berbagai buah & sayur tentu sangat bagus dan bernutri pastinya lho Bun

Minum air putih dan jus bisa meningkatkan kualitas ASI bahkan meningkatkan total volume ASI. Bunda juga pasti tahu bahwa air putih dan jus dapat mencegah Bunda dari dehidrasi dan menggantikan cairan yang hilang selama menyusui. Minumlah segelas air saat Bunda haus atau bahkan sebelum mulai menyusui bayi Bunda.


12. Salmon

Siapa yang tidak tau daging Salmon memiliki rasa yang sangat enak dan juga sangat bergizi, sehingga bisa digunakan juga sebagai ASI Boster

Salmon adalah sumber EFA (asam lemak esensial) dan Omega-3 yang bagus. Baik EFA dan Omega-3 sangat bergizi dan penting untuk ibu menyusui. Memasukkan salmon dalam menu harian Bunda akan meningkatkan hormon untuk memproduksi ASI dan membuat ASI yang diproduksi menjadi lebih bergizi.


13. Paha Ayam

Paha Ayam sebagai ASI Booster

Paha ayam memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang tinggi dan dinilai bagus untuk menyusui. Paha ayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan sistem saraf Bunda.


14. Ubi Jalar

Asi Booster ini juga bisa membuat Bunda kenyang lho!

Ubi jalar merupakan sumber utama kalium dan memiliki karbohidrat sebagai penghasil energi yang dibutuhkan untuk melawan kelelahan. Ubi jalar juga mengandung Vitamin C dan B-complex, serta mineral pelemas otot yaitu magnesium.

Bunda bisa menjadikan ubi jalar sebagai bagian makanan diet rendah serat. Kukus, rebus, goreng, dan panggang dapat menjadi solusi dalam mengolah makanan yang mengenyangkan ini.


15. Daun Katuk

Sudah diketahui oleh masyarakat banyak, bahwa daun ini sangat manjur untuk Bunda - bunda

Daun Katuk digunakan sebagai penambah ASI pada ibu menyusui. Banyak orang yang menyarankan untuk mengonsumsi daun katuk selama masa menyusui. Apalagi buat Bunda yang sibuk bekerja sehingga harus memompa dan menyimpan persediaan ASI selama berada di luar rumah.


Alasan daun katuk baik dijadikan ASI booster adalah karena kandungan laktagogum dan prolaktin yang tinggi. Kedua adalah senyawa yang ampuh memicu produksi ASI lebih banyak dan memperlancar keluarnya ASI. Sebaiknya, mengonsumsi daun katuk rutin setiap hari demi mendapatkan ASI yang melimpah untuk anak.


- Makanan berfungsi untuk menjadi Asi Booster (Suplemen)


1. Asifit

Suplemen Local yang memiliki kualitas bagus untuk Asi Booster

Asifit merupakan salah satu merek ASI booster Indonesia yang cukup terkenal. Diproduksi oleh Kimia Farma, Asifit mengandung vitamin B kompleks dan daun katuk yang diformulasikan untuk menambah produksi ASI. Daun katuk sejak lama dikenal sebagai satu jenis sayur yang efektif meningkatkan produksi ASI. Untuk kemasan box berisi 3 strip total 30 kaplet, Asifit dapat dibeli seharga Rp 57 ribuan.


2. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold

Asi Booster ini sudah terbukti ampuh lho Bunda

Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold adalah produk untuk ASI booster yang diproduksi oleh Blackmores. Merek Blackmores di Indonesia sudah tidak asing lagi sebagai produk suplemen kesehatan. Seperti namanya, suplemen ini bukan hanya ditujukan untuk ibu hamil, melainkan juga untuk ibu menyusui. Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold mengandung 20 nutrisi yang penting untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk omega-3, asam folat, enam jenis mineral, dan 10 jenis vitamin. Hasilnya, ASI pun menjadi lebih kental dan jumlahnya meningkat. Satu botolnya dihargai sekitar Rp 167 ribu berisi 60 kapsul lunak.


3. Herbs of Gold

Asi Booster ini pun tidak kalah populer dan bagus yaa bunda

Herbs of Gold merupakan ASI booster yang mengandung fenugreek. Fenugreek adalah tanaman herbal yang banyak dipergunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu, fenugreek juga dipercaya mampu melancarkan produksi ASI. Bunda tak perlu repot-repot mencari fenugreek karena bisa dikonsumsi dengan praktis dan mudah lewat Herbs of Gold.


Dikemas dalam bentuk tablet, Herbs of Gold tak hanya mengandung fenugreek, melainkan juga tanaman blessed thistle. Jika keduanya berpadu, maka akan merangsang produksi ASI yang melimpah. Cukup konsumsi satu tablet per hari. Satu botol Herbs of Gold berisi 60 tablet ini bisa dibeli seharga Rp 260 ribuan.


4. Hydromamma

Asi Booster ini dalam bentuk serbuk minuman yang segar

Hydromamma bisa jadi pilihan bagi Mama yang menginginkan ASI booster dengan rasa yang enak. ASI booster dalam bentuk serbuk dan minuman ini mengandung asam folat, vitamin C, pottasium, serta magnesium yang efektif melancarkan produksi ASI. Hydromamma dikemas dalam minuman serbuk yang dilarutkan dalam air. Praktis dan nikmat, sekaligus mencegah dehidrasi. Ada lima pilihan rasa yang bisa dicoba, yaitu blackcurrant, kelapa, lemon, mixed berry, dan jeruk. Dalam satu box berisi 12 sachet, Hydromamma dibanderol dengan harga sekitar Rp 60 ribuan.


5. Lactamama

Susu & Asi Booster sudah terkandung didalam nya secara satu kesatuan

Lactamam juga termasuk ASI booster dan sekaligus susu yang populer di kalangan para Bunda, selain empat suplemen di atas. Lactamam mengandung ekstrak daun katuk dan ekstrak biji fenugreek untuk menambah produksi ASI. Semakin komplit lagi karena Lactamam diperkaya vitamin B12 untuk meningkatkan kualitas ASI Bunda. Satu box Lactamam bisa dibeli seharga Rp 195 ribuan.

31 views0 comments
bottom of page