top of page

Cara Alami Memperbanyak ASI

Updated: Mar 30, 2021


Pompa ASI
Suster Sedang Menjelasakan tentang " Pompa Asi "

Hai Bunda! Jangan khawatir jika bunda mengalami “ seret asi “ diawal bersalin, karena tidak semua bisa menghasilkan asi yang cukup untuk sang buah hati. Bunda yang ternyata memproduksi ASI tidak dalam jumlah besar kemudian beralih pada susu formula. Padahal makanan utama bayi baru lahir adalah ASI. ASI harus diberikan secara eksklusif pada 6 bulan pertama agar manfaat ASI dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan rutin memberikan ASI pada enam bulan pertama kelahiran juga akan membantu meningkatkan daya tubuh karena mengandung zat antibodi.


Nah jika bunda mengalami kejadian tersebut jangan sampai panik yaa, apalagi jika langsung terburu – buru memberikan susu formula untuk buah hati. Kini ada beberapa cara alami untuk bisa memproduksi ASI lebih banyak lagi, simak yuk dibawah ini :


1. Lakukan pemijatan payudara


Pijat Payudara
Dengan teratur memijat payudara, bisa membuat ASI banyak & lancar

- Pemijatan dilakukan dari bagian pangkal payudara, tekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah.

- Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk.

- Lakukan hanya dari pangkal menuju puting. Bukan sebaliknya.


2. Memompa ASI secara teratur


- Pompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui.

- Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit.

- Perlu diketahui bahwa produksi ASI meningkat ketika pada pukul 2-5 pagi. Jika memungkinkan, pompa ASI dalam jam tersebut.


3. Usahakan jangan sampai berenti menyusui


ASI
Bunda yang sedang menyusui dengan rentan 2-3 jam sekali

Bagaimana pun kondisi bunda seperti mungkin merasa memproduksi ASI yang sedikit, tetap usahakan untuk terus konsisten & rajin menyusui. Ini karena membuat rangsangan pada payudara agar bisa lebih lagi memproduksi ASI. Misalkan dengan jadwal menyusui setiap 2- 3 jam yang telah disarankan.


4. Makan makanan yang bergizi

Makanan sehat
Makan Sehat untuk membantu memperbanyak ASI

Saat menyusui si kecil, bunda angat butuh tambahan kalori yang lumayan besar lho, yaitu kurang lebih sebanyak 300 sampai 500 di setiap hari nya. Selain itu makanan bergizi dan sehat akan membantu meningkatkan kualitas ASI


5. Ciptakan suasana saat menyusui


Menyusui
Bunda sedang menyusui dengan teknik " skin touch "

Karena perlu bunda ketahui bahwa Bayi akan terganggu ketika menyusui ketika ada suara bising yang terdengar. Dengan suasana yang tenang, bayi akan rileks sehingga menyusu dalam waktu yang lama atau bahkan menyusu hingga tertidur. Selanjutnya usahakan sesering mungkin kulit bunda bertemu dengan kulit bayi (bersentuhan) karena hal ini mampu merangsang produksi ASI & akan meningkatkan ikatan emosional antara bunda dan anak.


6. Minum ASI Booster


ASI Booster
" Blackmores " salah satu ASI Booster terbaik

Bagi bunda yang mengalami hal tersebut maka kalian bisa mencoba untuk meminum suplemen penambah ASI. Namun di sarankan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

15 views0 comments
bottom of page